Hobi baru warga kota sidoarjo… :)

sedang mancing di kali pucang

sedang mancing di kali pucang

Sebenarnya aktifitas ini sudah berlangsung cukup lama… sekitar 1 tahun belakangan ini namun baru saja disadari karena sudah menjadi perhatian… nah kebetulan pada saat saat saya pulang dari tempat kerja saya menyempatkan diri utuk melihat lebih dekat aktifitas baru warga kota sidoarjo ini… lokasinya di sepanjang sungai pucang yang dulu saat saya sekolah di SMPN 1 sidoarjo dijadikan tempat untuk tes EBTA praktek croscoutry susur sungai…. :)

Disana saya menemui Pak sukardi salahsatu pioner dari cerita

Pak Sukardi

Pak Sukardi

 pak sukardi kegiatan memancing itu biasa dimulai sejak pukul 05.00 dan berakhir pada saat tengah malam… bahkan dihari minggu banyak digunakan untuk berlibur bersama keluarga…

untuk memancing dibutuh umpan yang terdiri dari lumut dan cacing… harganya murah hanya rp.1000,- / gelas air mineral… sedangkan cacingnya ya cari sendiri…. tapi teman pembaca tidak usah bingung karena itu semua sudah tersedia di warung portablenya pak sukardi… yang mengagetkan adalah cerita dari pak sukardi tentang  jumlah ikan yang didapat selama memancing per orang bisa mencapai 1-3kg ikan…  bahkan 1 bulan bisa mencapai 1 ton ikan yang didapat dari sungai tersebut….

nah klo diantara pembaca akan memancing disana ada beberapa tips :

umpan lumut

umpan lumut

1. Peralatan memancing secara umum yang diperlukan adalah

 

- Tongkat pancing beserta reel nya.
- Umpan (udang, cacing, pelet atau racikan sendiri)
- Mata kail
- Tang yang berbentuk lancip ( digunakan jika jari tertusuk kail )
- Pelampung kecil
- Tempat menyimpan tangkapan
- Rompi khusus memancing

2. Memancing di sungai/muara
Yang perlu disiapkan adalah peralatan memancing yang disebutkan di atas dengan memperhatikan faktor umpan dan setting alat pancing. Umpan yang digunakan di lokasi ini umumnya adalah cacing, sedangkan untuk setting alat pancing adalah memasang mata kail. Jumlah mata kail dalam setiap tongkat pancing minimal 2 mata kail, dengan posisi timah dibawah. Jarak mata kail dengan timah kira-kira 10 cm samapai 15 cm

nah teman pembaca itu sekelumit cerita tentang sidoarjo saiki….. ternyata selain punya cerita tentang

lumayan!

lumayan!

 tempat untuk croscountry saat saya SMP dulu ditahun 1993 sekarang sudah bisa menjadi salahsatu tempat hiburan murah meriah bagi warga kota sidoarjo….

sampai ketemu dicerita tentang sidoarjosaiki yang lain…. jabat erat!

About these ads

~ by sidoarjosaiki on November 8, 2008.

4 Responses to “Hobi baru warga kota sidoarjo… :)”

  1. kali pucang bwt tmpt mancing??…emng dari dulu bozz. Tapi tnggu dulu, skrg pemancing ikan di sana lbh diberdayakan..koq bs? y emng bs, bahkan beberapa bln lalu aq jg prnh iktn nnton lomba pancing dsana lho…di sepanjang bantaran kali tuh, klo diperhatiin ada bnyk nomor2 nya…nah tu nmr emng bwt nmr urut pesertanya wktu acra lomba memancing. klo g slh sih wktu Agustus’an kmrn….n skrg, smga aj kegiatan smcm tu trus b’lnjut.

    oiya ngomongin kali pucang, emng pny kngan tersendiri bwt. pa lagi klo anda2 prnh bersekolah d SmPN 1 sda, pasalnya klo pas ujian Ebta praktik olahraga psti dech di suruh pak Ali n kroni2nya tuk lari mlewati kali pucang, muter ds Magersari trus balik k skolahan.wah cape’ dunk??? g jg bro’…krn dlu bnyk tmn yg mnta bareng sepeda motor ato spda pancal yg lewat, mski g knal sm orngnya hahaha….tp tuh smua klo g ktahuan gurunya….betul g mas…heehe …. mangap klo slh hhehe

  2. hahahahahahahaaaa….. kenangan masa lalu yang sedara tdk sadar buat kita tersenyum…
    terimakasih ceritanya… salam kompak dan jabat erat!

  3. setahu sy skrg dpt ikan nya kecil-kecil krn keseringan diambil. Jadi sebaiknya orang-orang disekitar sana sering-sering lah ngelepasin ikan kecil ke sungai. jadi bisa beranak dan kelangsungan memancing dapat berlanjut
    salam……..buzz

  4. Kali pucang jaman SD sy dulu kira2 tahun 1985-an masih banyak Udang Congga(udang Gala) rek… kondisi kali pucang sekarang memprihatinkan…. karena tanaman/rumput2 di bantaran/pinggiran Sungai/kalinya dah diplengsesng/dibeton jd ga ada lagi tempat berkembang biak/bertelur ikan/udang… diperparah lagi limbah rumah tangga dan pabrik banyak dibuang langsung ke sungai tsb…. Hal ini menjadi tantangan Masyarakat dan Intasi Pemda terkait di Sidoarjo untuk mengelola pengairan dan perikanan DAS Kali Pucang dllnya… andaikan kali pucang seperti dulu… bila aku lg di sidoarjo mungkin masih dapat melihat anak2 riang mandi bersama di Sungai pucang ini… ah..andaikan.. seperti di negara2 yg pemerintah dan masyarakatnya peduli dgn sungainya sebagai tempat wisata,perikanan, dan kebangannya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: