kupang lonthong sidoarjo…Hmmm delicious!

kupang lontong sidoarjo

kupang lontong sidoarjo

Kupang Lontong is a typical coast food that consisted of the rice cake and mixed with the kupang broth (a kind of oyster/the small shellfish), and it is served with the chili whim in accordance with the customer taste. This food is peddled by being borne to whole of Sidoarjo city and it can also be found in Pusat Kupang Buduran Sidoarjo.

Lontong Kupang, Lontong Kupang adalah masakan tradisional masyarakat indonesia yang cukup digemari. bahan utama dari masakan tradisional ini yaitu Kupang (Sejenis binatang laut menyerupai kerang namun bentuknya kecil seperti lalat).

Lontong Kupang Murah, mau tau dimana bisa menikmati kelezatan masakan tradisional ini? jangan

warung kupang lontong - suko saat ini

warung kupang lontong - suko saat ini

khawatir, Lontong Kupang bisa anda temui di pinggiran jalan kota Sidoarjo, namun Lontong Kupang yang menurut saya paling mantap ada di desa suko – sidoarjo… saya masih ingat kali pertama saya diperkenal makanan itu oleh teman saya firman yang juga kebetulan alumni kelas sosial SMANISDA 1995. awalnya agak aneh juga melihat makanan yang satu ini… mengingat meski saya lahir disurabaya namun masa kecil saya hingga lulus SD ada di pulau Sumbawa – NTB… ok balik ke kupang lontong di daerah suko situ lontong kupang disajikan dengan kombinasi minuman Es Degan Ijo.. dan tentu saja sate kerang dengan sambel petisnya… nyam…nyam…. klo pembaca ingin menikmati makanan yang satu ini… ancer2nya RS Delta Surya terus menuju ke Krian.. klo masih bingung nanti bisa tanya pada orang yang ada disekitar warung tersebut karena keberadaannya sudah terkenal…

1 paket kupang lontong + sate kerang + es degan

1 paket kupang lontong + sate kerang + es degan

nah bahan baku utama yang digunakan adalah kupang putih, atau dikenal sebagai kupang beras. Petis digerus dengan bawang goreng, diberi sedikit perasaan jeruk. Diulek dengan sendok agar mencampur rata, kemudian disiram dengan kaldu rebusan kupang dan petis. Untuk Cara penyajian kupang lontong tampaknya memang masih konvesional sehinggaperlu lebih divariasi. Karena tiap porsi makanan ini hanya berujud tumpukan lontong yang ditimbuni setumpuk kupang dan ditemani sebuah lento (bulatan berisi campuran singkong parut, kacang tolo, kelapa parut, dan bumbu berupa bawang putih, ketumbar, garam, gula). Campuran itu disebut lontong kupang kalau sudahdisiram kuah kupang.nah sekarang Bumbu lontong kupang yang berupa campuran gorengan bawang putih yang diiris tipis-tipis, cabe, dan petis. Campuran itu digerus dengan sendok di atas piring yang akan disajikan. Selanjutnya, campuran itu diencerkan dengan membubuhinya sedikit kuah tersebut.

WARNING…!!!
Bagi orang yang memiliki alergi kupang bisa saja muntah-muntah dan murus alias sakit perut. Tapi itu

Teman saya Ahmad agus (smanisda sos'95) "menikmati kupang lontong"

Teman saya Ahmad agus (smanisda sos'95) "menikmati kupang lontong di desa suko"

bukan jadi masalah untuk mencobanya, coz udah ada penawarnya yaitu air kelapa muda. Minuman ini bukan saja sebagai pelepas dahaga, tetapi juga berfungsi sebagai penawar racun. Ini sebabnya setiap orang jual kupang pasti jual degan. Menikmati makanan ini jadi makin pas, ditambah dengan sate kerang. yang oleh penjual selalu disediakan sate kerang dengan sambal petis.Banyak juga yang ngga’ doyan dengan alasan jorok, jijik atau yang lain².. Coz ada yang bilang kalo nyari kupangnya pake kotoran manusia …. salah besar tuh, yang bener tuh pake tanah liat kuning, emang ada beberapa tempat di pesisir yang ada tanah liat tersebut

Selain di desa Suko yang sudah saya ceritakan diawal tadi ada juga tempat lain.. nah Bila Anda melintas dari Surabaya ke Sidoarjo, cobalah mampir di Bursa kupang lontong. Oleh Pemkab setempat, sebagaian penjaja makanan khas ini memang sudah dilokalisasi di Jalan Gedangan yang lokasinya di tengah antara Surabaya-Sidoarjo. Sekitar 35 stan berlomba menyajikan makanan khas itu di sini.

Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk sekadar menikmati makanan yang khas ini. Oleh penjualnya yang kebetulan di Suko.. saya merogoh dompet untuk seporsi dengan harga Rp 5.000,00 Kalau ditambah segelas es degan yang Rp 2.500,00 harganya relatif terjangkau bagi mereka yang hanya sekadar ingin mencicipi.

hehehehehehee… buat teman2 yang sudah lama meninggalkan sidoarjo… hanya satu pertanyaan saya… tidak kangen kah akan makanan yang satu ini🙂
dari kota delta sidoarjo… crew sidoarjosaiki.wordpress.com mengiming2i untuk anda…🙂
thanks to :
  1. firman – smanisda klas sos 95 yang sudah mengenalkan saya pada makanan ini🙂
  2. ahmad agus dharmawan – smanisda klas sos 95 yang sering menjadi orang beruntung karena saya culik untuk menikmati makanan ini🙂
by
crew kuliner sidoarjosaiki.wordpress.com

~ by sidoarjosaiki on October 25, 2008.

8 Responses to “kupang lonthong sidoarjo…Hmmm delicious!”

  1. komentarnya di blog aja ya mas.
    waktu kul di bdg, ada tetangga saya yg ngidam kupang lontong sidoarjo. saya lupa, yg pasar suko atau yg lain. padahal dia bukan orang sda!

    waktu istri saya sowan ke wonoayu, saya “paksa” ortu saya untuk membawa istri & anak saya ke pasar suko mencicipi kupang lontong disana. maksudnya sih biar dia belajar cara bikinnya🙂 tapi sayang, di pontianak tdk ada bahannya. yg bisa dibikin oleh istri saya adl rujak cingur. akhirnyaaaa….!!!

  2. jangkreekk!!! kudu ngenteni ryoyo sik nek arep moleh yg sidoarjo >.<

  3. wah , alumni smanisda yaa ?

  4. Mas.. saya Nanda (Smanisda ’08),, wah kebetulan ini bisa ketemu blog wong darjo yang mengangkat tema2 lokal darjo, saya berencana membuat kaos khas Sidoarjo mas Kaos “OTAK UDANG”, salah satunya mengangkat tema kupang… dan ke-khas an lainnya dari sidoarjo…

    nah mungkin nantinya mas bisa saya mintai pedapat dan urun ide untuk desainnya.. matur suwun mas,, salam kenal..

  5. informasi yg berbobot…thanx’s infonya gan

Leave a Reply

 
