Bung Tomo – Pahlawan yang terabaikan????

Teman Pembaca… pagi tadi ditempat saya bekerja kedatangan Pak Suko Widodo dan teman2 dari LSM Sapu Lidi… mereka adalah warga kota surabaya yang memperjuangkan agar Bung Tomo dianugerahkan Gelar Pahlawan Nasional…. dari perkembangan berita yang RRI Surabaya dapatkan ternyata ada kesimpangsiuran berita tentang hali itu… dari statement Mensos.. “Bung Tomo kembali tidak dsetujui oleh pemerintah memperoleh gelar pahlawan nasional” namun sehari kemudian didapat info dai MenkomInfo bahwa Bung Tomo sdh mendapat persetujuan dari Presiden mendapat gelar pahlawan nasional…. untuk sekedar flash back usulan gelar pahlawan ini sdh diajukan sejak tahun 1980an… namun hingga saat ini belumdirealisasikan…

Pak Suko widodo dalam orasinya yang disiarkan langsung di Pro1FM dan Pro4AM mengatakan rasa kecewanya jika gelar itu tidak didapat bung tomo… sementara itu disaat yang sama  Elemen masyarakat Surabaya memprotes komersialisasi nama Bung Tomo. Sebab menurut mereka tidak pantas nama seorang pahlawan diperjualbelikan.Kekecewaan mereka diungkapkan dalam aksi di Gedung RRI Jalan Pemuda Surabaya, Senin pagi tadi(3/11/2008) . Menurut mereka, beberapa waktu terakhir di beberapa jalan di Surabaya tersebar beberapa spanduk yang bertuliskan bahwa 9 November mendatang ada penggalangan tanda tangan yang mendukung Bung Tomo ditetapkan sebagai pahlawan nasional.Spanduk tersebut didukung beberapa lembaga dan salah satu caleg nasional dari sebuah partai politik. “Kita menolak komersialisasi karena tidak pantas menurut saya nama pahlawan dikomersialkan,” kata Koordinator Aksi Elemen Masyarakat Surabaya, Sukowidodo di sela-sela aksi.

Pihaknya, kata Suko, sejak 2 tahun lalu sudah mengusulkan nama Bung Tomo sebagai pahlawan. Namun, kata dia, beberapa waktu lalu nama Bung Tomo tidak diusulkan menjadi pahlawan nasional.

“Kita ingin bukti hitam di atas putih bahwa Bung Tomo ditetapkan sebagai pahlawan nasional,” tandasnya

ada beberapa hal yang juga disampaikan bahwa jika memang Bung Tomo bukan Pahlawan Nasional pihaknya mendesak agar pemerintah menarik semua buku2 dan materi2 sejarah yang memuat bung tomo sebagai tokoh perjuangan bangsa dari surabaya..sepertinya bung tomo bisa jadi salahsatu contoh sosok pahlawan yang terlupakan…. saya jadi teringat Bangsa yang Besar adalah Bangsa yang tidka lupa akan Jasa Pahlawannya….
sidoarjosaiki mengabarkan untuk teman2 pembaca semua…

~ by sidoarjosaiki on November 3, 2008.

2 Responses to “Bung Tomo – Pahlawan yang terabaikan????”

  1. Hehehehe memang urusan pahlawan2an ini rumit…
    Dan memang banyak terjadi pro dan kontra di sana sini, dan hal ini tidak terjadi hanya pada kasus Bung Tomo saja.
    Mungkin para pahlawan, seperti Bung Tomo, tidak menghendaki untuk disebut2 sebagai pahlawan, apalagi pahlawan nasional.
    Tapi disatu sisi, hal ini merupakan wujud apresiasi dan penghargaan negara kepada orang2 yang disebut sebagai pahlawan. Menilik kasus2 seperti ini, nantinya masyarakat/rakyat sendiri yang akan menilai apakah negara sudah menghargai para pahlawan atau orang yang telah berjasa bagi terwujudnya negara dan republik ini?

  2. Gue inget Tahun lalu Pak Parni Jadi Host dialog di RRI pro 3 Sby dengan Mas Suko, Pak Syaifullah,Mas Bambang Silstomo bicara mengenai usulan Bung Tomo Jadi Pahlawan ?????? bener nggak ?????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: