Bupati Sidoarjo Larang Jual Beli Tanah Proyek Relokasi Tol Porong

Menghindari praktik spekulan tanah yang bakal menghambat pelaksanaan proyek pembangunan relokasi jalan tol Porong, Saiful Illah Bupati Sidoarjo melarang transaksi jual beli tanah di 10 desa yang terkena proyek.

Dalam pertemuan koordinasi dengan PT Jasa Marga dan BPLS, Bupati Sidoarjo menginstruksikan Camat Porong dan Tanggulangin mengawasi warganya. Jangan sampai spekulan tanah masuk dan menghambat proyek ini, ujarnya.

Lebih lanjut, dia juga menginstruksikan Tim Pengadaan dan Pembebasan Tanah (P2T) Kabupaten Sidoarjo mulai bergerak menginventarisasi tanah yang dibutuhkan proyek seluas 50 hektare. Tanah itu meliputi 10 desa, yakni Desa Randegan dan Ketegan di Kecamatan Tanggulangin. Desa Pesawahan, Kedung Boto, Candi Pari, Pamotan, Lajuk, Kesambi, Juwet Kenongo, dan Porong di Kecamatan Porong.

Untuk pembebasan lahan, Bupati yang diusung PKB ini juga menginginkan penaksiran (appraisal) harga lahan dilakukan secara terbuka. Untuk ini, dia mengaku terkendala dengan aturan pengadaan tanah untuk proyek yang diharuskan dilakukan secara tertutup. “Saya ingin harga tanah yang sudah diappraisal dibuka secara transparan kepada pemilik lahan supaya tidak timbul masalah dan pemilik tanah tahu berapa nilai sesungguhnya tanah yang sudah diappraisal oleh tim appraisal,” ujarnya.

Menurut dia, tim P2T punya waktu yang sangat pendek sampai akhir tahun ini untuk menyelesaikan pembebasan lahan. Tapi dia optimis dengan kerja keras dan transparansi, target waktu yang begitu pendek itu bisa dicapai.

Pembangunan relokasi jalan tol Porong, kata Bupati, sudah sangat mendesak dilakukan karena hambatan di Jalan Arteri Porong membuat inefisiensi ekonomi Jawa Timur. Ia menyebut nilai kerugian akibat inefisiensi itu mencapai Rp500 miliar perharinya

take from : http://www.suarasurabaya.net

semoga bisa segera selesai yaa…. ben pas arep dolan nang malang nggak macet terussss…..!!!🙂

~ by sidoarjosaiki on August 10, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: