Si melanie…. Oh melani….

melani - harimau sumatera

melani – harimau sumatera

 hari ini saya baru saja melakukan tugas jurnalistik di KBS (Kebun Binatang Surabaya) soal Si Melani seekor Harimau Sumatera koleksi KBS. nah ini cerita soal Melanie yg sedang heboh di media massa saat ini:
Namanya Melani, seekor Harimau Sumatera di Kebun Binatang Surabaya berusia 156 tahun.

Si Melanie yang kondisinya memprihatinkan

Si Melanie yang kondisinya memprihatinkan

Ia kurus, hanya seperti tulang berbalut kulit. Pada usianya, seharusnya berat normal Melani adalah 100kg, namun beratnya hanya mencapai 60kg. Satu-satunya yang masih mengesankan adalah sorot matanya yang tajam namun butuh pertolongan. Ia tak berdaya dan memilih selalu berbaring di lantai dan rumput. Hampir semua makanan yang ia telan tak dicerna. kalau pun dimakan seringkali ia memuntahkan makanannya, ia juga menderita diare. Bulan lalu, harimau bernama Razak juga mati karena penyakit paru-paru . Sekarang Melani dikhawatirkan usianya tak lagi panjang . Padahal spesies Harimau Sumatera seperti Melani sudah kurang dari 600 ekor di hutan-hutan Sumatera.

Melanie, Harimau Sumatra yang mengalami kesulitan pencernaan, ternyata sempat mengonsumsi daging berformalin. Temuan tersebut berdasarkan uji laboratorium yang dilakukan TPS KBS, terhadap makanan yang akan dikonsumsi.

PressConf di KBS

PressConf di KBS

Dalam keterangan pers di Sekretariat KBS, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati PHKA, Novianto Bambang menyebutkan, dari 20 sampel makanan Melanie, ditemukan sejumlah daging dan kepala ayam berformalin. Makanan tersebut akhirnya urung diberikan.
Namun syukurnya Kondisi Melanie, Harimau Sumatra koleksi KBS yang diberitakan kurus, kini mulai membaik. Kesulitan pencernaan yang selama ini dialami, sudah teratasi dengan makanan olahan yang diberikan manajemen TPS KBS.

Dalam keterangannya kepada awak media, dokter hewan KBS, Rahmat Suharta menyebut kondisi melanie saat ini terus membaik. Harimau kelahiran 1998 tersebut kini sudah bisa mencerna makanan dengan baik. Selama ini, Melanie kesulitan mencerna makanan, karena usianya yang sudah uzur. Namun hal tersebut disiasati manajemen KBS, dengan mengubah pola makan menjadi makanan olahan.

keeper Si Melani sedang memberi makan daging giling

keeper Si Melani sedang memberi makan daging giling

“Sebelumnya Melanie ketika diberi makan kepala ayam seperti biasanya, tidak tercerna dengan baik. Karena kotorannya masih berbentuk seperti makanan yang dimakan. Namun kini setelah kami menu makanannya kami olah dengan digiling, kotorannya sudah seperti harimau pada umumnya,” ujar Rahmat pada media

Lebih lanjut Rahmat menegaskan, saat ini Melanie sudah lebih sehat, yang terbukti dengan aktifitas yang dilakukan, selama berada di dalam kandang. Melanie kini sudah bisa berjalan-jalan berkeliling kandang.

Sebagaimana ramai diberitakan, Harimau Sumatra KBS bernama Melanie kurus kering karena kurang makan. Melanie mengalami kesulitan pencernaan, karena usianya yang sudah uzur

semoga KBS kita makin lebih baik dan satw2nya sejahtera…

~ by sidoarjosaiki on June 21, 2013.

One Response to “Si melanie…. Oh melani….”

  1. Pernah diulas di kaskus juga tentang Melanie ini, kasihan kondisinya😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: