pemprov Jatim akan membebaskan denda pajak kendaraan bermotor (PKB) bagi roda dua

stnkMenyikapi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang diputuskan pemerintah, pemprov Jatim akan membebaskan denda pajak kendaraan bermotor (PKB) bagi roda dua. Pembebasan denda PKB atau dikenal istilah pemutihan tersebut akan segera diberlakukan dalam waktu dekat.

Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan, pemutihan denda pajak bakal diberlakukan mulai Senin pekan depan. Menurutnya, hanya pada pemutihan denda pajak kendaraan roda dua saja dan bukan untuk roda empat atau mobil. “Kalau mobil janganlah. Ini sebagai bagian untuk meringankan beban terhadap masyarakat kecil yang terdampak secara langsung atas kenaikan harga BBM,” katanya, Kamis (20/11/2014).

Untuk merealisasikan pemutihan denda pajak kendaraan roda dua, dia telah memerintahkan Sekdaprov Jatim Ahmad Sukardi untuk berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pendapatan Jatim, Bobby Soemiarsono.

Menindaklanjuti perintah gubernur, Bobby menyatakan telah menindaklanjuti dengan melakukan rapat persiapan mengawal kebijakan tersebut.

Ia berharap program ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat. Pelaksanaan program ini persis dengan pemutihan sebelumnya, dimana Samsat menghapus semua denda maupun bunga yang disebabkan keterlambatan membayar PKB. Ketentuan ini, hanya berlaku untuk roda dua.

Lebih lanjut, kata Bobby, lewat program ini pemilik kendaraan yang belum membayar pajak hingga bertahun-tahun bisa diringankan. Pemilik tidak lagi dibebani denda karena terlambat membayar pajak. Hanya saja, pajak kendaraan tetap harus dibayar karena itu kewajiban yang melekat.

Program pemutihan pajak kendaraan bermotor tersebut, diperkuat dengan Peraturan Daerah Provinsi Jatim No 9/2010 tentang Pajak Daerah, khususnya Pasal 66 ayat 1 yakni Gubernur dapat memberikan keringanan, pembebasan dan intensif pajak.

 

~ by sidoarjosaiki on November 21, 2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: