Komisi VI DPR RI Kunjungi PT. PAL Indonesia

Bambang Haryo - Komisi VI DPR RI saat dialog bersama media

Bambang Haryo – Komisi VI DPR RI saat dialog bersama media

Komisi VI DPR RI melakukan kunjungan kerja ke PT PAL Indonesia (Persero) di kawasan pelabuhan Tanjung Perak, Senin (4/4). Kunjungan kerja tersebut untuk melihat kinerja BUMN terutama yang berhubungan dengan industri maritim.

Anggota Komisi VI DPR RI, Bambang Harjo, mengatakan,  kunjungan tersebut dilakukan karena pemerintah sedang getol untuk mendorong pembangunan di industri maritim.

“Ini saya lihat kinerja BUMN PT PAL mengalami kenaikan dari sisi produktivitas, baik itu bangunan maupun reparasinya,” kata Bambang di sela-sela kunjungan tersebut.

Menurutnya, hal itu dibuktikan dengan laporan Direktur Utama PT PAL yang menyatakan keuntungan PT PAL mengalami kenaikan di 2015 dan ditargetkan pada 2016 akan lebih baik.

salahsatu hasil karya anak bangsa di PT.PAL Indonesia

salahsatu hasil karya anak bangsa di PT.PAL Indonesia

Ia menyebutkan kinerja PT PAL dalam pembangunan industri maritim seperti pesanan dari Kementerian Pertahanan, yakni ada dua unit kapal freegate dan dua unit kapal selam. Selain itu juga pembangunan infrastruktur dengan menggunakan dana dari pemerintah melalui penyertaan modal negara (PMN) tahun 2015.

“Dan saya juga sudah melihat tadi bagaimana kinerja baik itu produksi di bangunan baru maupun reparasi,” ujarnya.

Di samping itu, ia menilai wilayah Indonesia bagian timur terutama daerah Sorong menjadi wilayah yang strategis untuk dibangun galangan. Secara kebetulan, lanjutnya, PT PAL diminta mengoperasikan galangan milik PT Pertamina di Sorong.  Menurutnya, hal itu menjadi peluang yang bagus karena di lokasi tersebut menjadi tempat lewatnya alur laut internasional atau ALKI.

Ia juga mengklaim kapal-kapal domestik yang menuju Jayapura semakin banyak jumlahnya. Hal itu dibuktikan dengan jumlah tonase teus yang diangkut kapal-kapal tersebut yang ada di Jayapura sekarang sudah mencapai 100 ribu teus dari sebelumnya hanya sekitar 60 ribu terus.

safety first

safety first

“Ini bukti banyak kapal-kapal menuju kesana dan  harus difasilitasi pemerintah. Ini PT PAL sudah fasilitasi dengan membangun maintenance specification yang ada di Indonesia bagian timur,” ujarnya.

~ by sidoarjosaiki on April 5, 2016.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: