Tablet Penurun Kolesterol dari Apel Hijau

Kolesterol merupakan lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukkan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun apabila kadar kolesterol dalam darah berlebihan, maka hal tersebut dapat menyebabkan penyakit diantaranya adalah jantung koroner, stroke, serta aterosklerosis.

 Claudio Dasmer menunjukkan Tablet Salut Enterik Penurun Kolesterol berbahan dasar Apel Hijau lokal

Claudio Dasmer menunjukkan Tablet Salut Enterik Penurun Kolesterol berbahan dasar Apel Hijau lokal

Berbekal harapan untuk membantu mengurangi angka penderita penyakit yang ditimbulkan akibat kadar kolesterol yang tinggi, Claudio Dassmer, mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) menciptakan sebuah inovasi baru. Inovasi tersebut adalah obat anti kolesterol dengan bahan dasar apel hijau lokal yang jumlahnya melimpah di Indonesia. “Secara penelitian, kandungan yang ada di dalam buah apel mampu menurunkan kadar kolesterol secara segnifikan,” ujar mahasiswa yang sempat menjadi asisten dosen pada beberapa pratikum di Fakultasnya ini.

Dalam pembuatan obat penurun kolesterol ciptaannya, Claudio menyiapkan bahan-bahan dasar pembuat tablet salut diantaranya kalsium fosfat dibasik dihidrat, Ac-Di-Sol, Talk, PVP K-30, Magnesium Stearat, Eudragit L-100, gliserol. Setelah bahan-bahan tersebut didapat, Claudio memulai dengan melakukan ekstraksi pada buah apel untuk menarik senyawa aktif. Ekstraksi yang dilakukan terhadap buah apel tersebut menggunakan metode juicer. Melalui proses tersebut akan didapatkan ekstrak cair buah apel yang kemudian akan dikeringkan dengan maltodextrin. Tahap akhir dari proses terebut adalah melakukan formulasi pada ekstrak kering menjadi tablet salut enterik.

 Claudio Dasmer Menyemprotkan Zat Penyalut ke tablet yang diputar di dalam alat

Claudio Dasmer Menyemprotkan Zat Penyalut ke tablet yang diputar di dalam alat

Pada penelitian kali ini, Claudio dibantu oleh Farida Lanawati Darsono, S.Si., M.Sc. dan Sumi Wijaya, Ph.D., Apt. sebagai dosen pembimbingnya. Keterbatasan terpaksa membuat penelitian ini hanya sampai pada mengoptimasi formula tablet salut enterik ekstrak buah apel. “Ada harapan besar agar dapat dikonsumsi oleh masyarakat umum di masa depan,” ujar mahasiswa yang aktif dalam berbagai organisasi baik fakultas (Student Chapter dan Science Club-Debate Club) maupun universitas (UKM dan BPMU). Claudio yang sekarang sedang magang di PT. Pertiwi Agung (Landson), Bekasi ini akan melanjutkan kuliah di program profesi apoteker. Ia bercita-cita lulus dari profesi apoteker dengan predikat cum laude dan berharap memperoleh pekerjaan yang mapan dibidang industri farmasi.

~ by sidoarjosaiki on April 5, 2016.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: