Mental dan etos kerja jadi modal utama jadi TKI

Dirut .PT.SPJ.Budi saat menemui media di BLK Surya pasific jaya

Dirut .PT.SPJ.Budi saat menemui media di BLK Surya pasific jaya

Menjadi seorang Tenaga Kerja Indonesia [TKI] profesional selain membutuhkan ketrampilan dibidangnya ternyata dibutuhkan juga disiplin dalam bekerja dan etos kerja yang tinggi dan kemauan dan tekat yang bulat untuk berhasil dan sukses .

Itulah yang menjadi keinginan dari PT Surya Pasific Jaya [SPJ] Sidoarjo Jawa Timur dalam mendidik dan mempersiapkan para calon tenaga kerja Indonesia tersebut sebelum mereka berangkat dan bekerja di tempat / negara tujuan dan bisa berhasil. 

Menurut Direktur Utama PT Surya Pasific Jaya Budidjaja Sidaraharja, para calon TKI yang diberangkatkan oleh perusahaannya sbelum TKI tersebut bisa berangkat harus melalui seleksi dan tahapan yang cukup ketat.

Sebelum berangkat para TKI yang berangkat lewat PT SPJ harus melewati masa pendidikan terlebih dahulu dimana pendidikan yang diterimanya tersebut akan sangat berguna bagi sang TKI saat nanti berada di tempat kerjanya tersebut.

Selama masa pendidikan, PT SPJ mengajarkan bergam materi pendidikan bagi calon TKI seperti pelajaran bahasa seperti bahasa Mandarin untuk penempatan di Taiwan, Inggris untuk penempatan di Malaysia dan Singapura dan bahasa canton yang banyak digunakan di Hongkong.

lab.Bahasa Sekelas mahasiswa

lab.Bahasa Sekelas mahasiswa

sesi kelas pelajaran laundry

sesi kelas pelajaran laundry

sesi kelas materi perwatan orang tua

sesi kelas materi perwatan orang tua

Selain itu para calon TKI tersebut diberi pembekalan yang cukup memadai seperti bagaimana merawat bayi, merawat orang jompo, memasak, dan pembekalan pembekalan lainnya yang seringkali ditemukan dan dikerjakan oleh para calon TKI saat bekerja nantinya.

Oleh sebab itu kami tidak sembarang memberangkatkan orang karena kami ingin para TKI yang berangkat benar benar TKI yang berkualitas dan mampu berhasil dan sukses seperti TKI TKI lainnya terang Budi.

“Kami Ingin TKI yang kami berangkatkan menjadi TKI yang professional, penuh disiplin dan etos kerja yang tinggi dan kemauan dan tekat yang bulat dan kuat untuk berhasil dan sukses.” terang Budi.
Bersama dengan beberapa awak media lainnya yang berkesempatan untuk melihat secara langsung keseharian dari para calon TKI yang ada di PT Surya Pasifik Jaya tersebut.

Agustin salah seorang TKI binaan PT SPJ yang sudah sukses kepada awak media menceritakan suka dukanya sebagai TKI saat dirinya masih bekerja di Hongkong tahun 2001 lalu dan kembali lagi ke Indonesia sampai dengan saat ini.

Menurut Agustin masa persiapan dan pendidikan yang dia terima selama dibina dan dididik di PT SPJ sangat berguna dan bermanfaat bagi dirinya karena pendidikan yang penuh dengan kedisiplinan menjadikannya TKI yang tidak kaget saat ada dilingkungan yang sangat disiplin.

Karena setiap negara tujuan mempunyai budaya yang berbeda beda dengan kita disini, sebagai contoh ditempat saya yang lama di Hongkong, masyarakatnya sangat disiplin tambahnya

Bu Agustin mantan TKI dri PT.SPJ

Bu Agustin mantan TKI dri PT.SPJ

“Pastilah jika saya tidak dipersiapkan dengan penuh disiplin dan dengan baik pasti saya tidak akan tahan dan pasti saya akan lari dan berusaha kembali ke tanah air meski kontrak yang disepkati oleh pihak TKI bersama dengan majikan tidak selesai tepat waktu.” urai Agustin.

Oleh sebab itu saya berpesan bagi para calon TKI yang berkeinginan bekerja di luar negeri carilah PJTKI yang resmi dan disiplin, jangan sampai kita menjadi TKI lewat perusahaan yang tidak resmi dan tidak disiplin karena jika salah pilih kita sendiri yang akan rugi pesan Agustin.

~ by sidoarjosaiki on April 10, 2016.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: