Detinasi : Pulau Tabuhan Banyuwangi

Beberapa waktu lalu saya berskesempatan mengikuti kegiatan BankIndonesia bersama beberapa rekan media dari surabaya , malang , jember dsktrnya… Kegiatan kami di dilangsungkan di Kota ujung pulau jawa yaitu banyuwangi … selain fokus pada kegiatan utama teman2 BI yaitu panen raya beras organik dan pengenalan soal financial technology ada kegiatan yang tidak kalah menarik yaitu CSR BI di P.Tabuhan …

 

Okay kita mulai dari perjalanan saya yang diawali dengan naik KA komuter jurusan Sta.Gubeng Baru… harga tiket cuma Rp.5000.- dan kebetulan saya naik dari Sta./Shelter Pagerwojo jam 06.05 pas!

karena saya berangkat dari wilayah tengah jadi yaa berdiri deehhh…. tapi gak apa… karena menurut saya lumayan lah karena meski berdiri tapi adem karena sudah dilengkapi dengan AC.

okay lanjuuuttt…. menuju banyuwangi jam 09.00 dengan KA Mutiara Siang yang berhenti di sta.kedung asem yang kemudian naik angkot menuju Hotel santika banyuwangi…. KA yang kami naiki nyaman dan steril dari pedagang asongan… perjalanan menempuh waktu 6 jam … tidak terasa karena saya sambii dengerin radio GEN FM SURABAYA via Aplikasi android… lancar jaya dengan provider Indosat Ooredoo 😉

lanjutttt lagi dengan kegiatan BI … yang salah satu materinya soal kesiapan BI menghadapi bulan Ramadhan dan lebaran 2017 kemudian esok hari nya kami mengikuti panen raya padi organik pada pagi hari kemudian siangnya kami menuju P.Tabuhan untuk menikmati pantai dan laut disana kemudian malamnya dikenalkan dengan teknologi finansial teknologi.

nahhhh saatnya fokus pada cerita P.Tabuhan banyuwangi ….. Kabupaten Banyuwangi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kota Banyuwangi. Kabupaten ini terletak di ujung paling timur pulau Jawa, di kawasan Tapal Kuda, dan berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di barat. Kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur sekaligus menjadi yang terluas di Pulau Jawa, dengan luas wilayahnya yang mencapai 5.782,50 km2, atau lebih luas dari Pulau Bali (5.636,66 km2). Di pesisir Kabupaten Banyuwangi, terdapat Pelabuhan Ketapang, yang merupakan perhubungan utama antara pulau Jawa dengan pulau Bali (Pelabuhan Gilimanuk).

Pulau Tabuhan merupakan sebuah potensi destinasi wisata yang ada di Banyuwangi yang menyimpan sejuta pesona alam yang masih belum banyak diketahui oleh wisatawan. Pulau Tabuhan sebenarnya hanyalah sebuah pulau kecil dengan luas hanya 5 hektar saja tidak memiliki penghuni yang terletak dibagian utara Banyuwangi.

Pulau Tabuhan ini berada di desa Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi. Diberi nama Pulau Tabuhan dikarenakan angin yang melintasi aerah ini memiliki kecepatan cukup kencang sehingga akan terdengar seperti bunyi tetabuhan musik.

Kondisi pulau ini dapat dikatakan merupakan pulau yang unik. Hal ini dikarenakan warna pasir yang ada pada sepanjang garis pantai-pantai yang berbatasan langsung dengan Selat Bali pada umumnya memiliki pasir pantai yang berwarna gelap, akan tetapi Pulau Tabuhan ini justru mempunyi pasir pantai yang berwarna putih.

Dengan hamparan pasir pantai yang bersih serta putih, ditambah dengan air laut yang jernih, dan kumpulan terumbu karang yang memiliki bentuk beraneka ragam, tak lupa pula deburan ombak yang lirih, hembusan angin pantai yang menerpa sepoi-sepoi, dengan luasnya hamparan laut.

Dengan berbagai hal tersebut menjadikan pantai ini memiliki nilai unggul tersendiri bagi para wisatawan yang ingin sejenak melupakan kebisingan kota erta mencari sebuah ketenangan dari kepenatan aktivitas sehari-hari. Hal inilah yang membuat para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Tabunan akan benar-benar tersihir dengan keindahan panorama pantai ini.

Dengan keindahan alam yang ada di pulau Tabuhan dan sekitarnya dan ditambah lagi dengan air laut yang sangat jernih, akan membuat kamu tak akan tahan untuk tidak menceburkan diri ke air laut di Pulau Tabuhan yang bisa dibilang merupakan tempat yang sangat ideal untuk berenang-renang di tepi pantai.

Dan bagi kamu yang menyukai kegiatan bawah laut seperti scuba diving maupun snorkeling. Maka air yang masih sangat jernih serta kondisi laut yang tidak terlalu dalam akan membuat kamu tak bisa menolak untuk mencoba menengok keindahan bawah lautnya.

Dan dengan cara ber-snorkeling Anda bisa merasakan keindahan alam bawah laut yang begitu menawan yang dihiasi oleh ribuan spesies ikan, berbagai bunga karang, serta udang-udang karang dan juga berbagai jenis tumbuhan laut, termasuk juga kumpulan terumbu karang yang masih sangat terjaga dengan baik serta dipantau secara berkala oleh para penggiat kelestarian terumbu karang.

Selain dengan keindahan alam bawah lautnya, pulau tabuhan juga memiliki daya tarik lainnya yakni dengan kedatangan burung maleo yang merupakan sebuah rutinitas bagi burung maleo untuk melakukan migrasi ke pulau ini.

Selain kedatangan burung maleo, Pulau Tabuhan ini juga menjadi tempat persinggahan bagi kumpulan burung Enggang Gading. Selain itu ada jenis burung lain yang terkadang singgah ke Pulau Tabuhan ini adalah burung jalak, yakni burung yang menjadi maskot dari Pulau Bali. Dan juga ada tanaman Setigi yang menjadi salah satu tanaman yang menjadi primadona di Pulau Tabuhan.

RUTE JALAN YANG DILALUI UNTUK MENUJU PULAU TABUHAN :

anda bisa berangkat dari GENTENG lalu melanjutkan ke ROGOJAMPI kemudian ke BANYUWANGI KOTA setelah itu ke WATUDODOL lalu ke BANGSRING kemudian setelah sampai PANTAI KAMPE BANGSRING anda masih harus melanjutkan perjalanan menuju ke PULAU TABUHAN.

Terdapat 3 pilihan penyeberangan untuk menuju ke Pulau Tabuhan, yakni :

1. Dari Watudodol menyewa perahu nelayan.

2. Dari Bangsring

tersedia 2 paket penyebrangan yakni:

* Seharga Rp. 350rb untuk 4 orang atau

* Seharga Rp.500rb untuk 10 orang.

(harga sudah termasuk dalam paket peralatan untuk aktivitas snorkling ( Berisi Pelampung+kacamata snorkling))

3. Menyebrang dari Pantai Kampe dengan harga Rp 500rb untuk paket 10 orang (harga belum termasuk alat snorkling yang harus di sewa sendiri).

Anda tak perlu takut akan merasakan kebosanan dalam perjalanan, karena di sepanjang perjalanan anda saat menuju Pulau Tabuhan, Anda akan dapat menikmati indahnya pemandangan yang menawan dengan gradasi warna laut mulai dari warna hijau, biru muda hingga warna biru tua.

Dan begitu anda tiba di Pulau Tabuhan maka rasa lelah anda karena perjalanan menuju pulau ini, dan Anda akan disambut oleh pemandangan hamparan pasir pantai putih yang mengelilingi seluruh pinggiran pulau, serta hamparan luas bebatuan karang dan coral reef yang akan dapat menyegarkan mata anda, disini juga terdapat sebuah mercusuar yang dibangun menjulang tinggi yang terletak di sisi timur pulau, Anda juga akan menjumpai aneka ragam jenis biota laut, mulai dari bintang laut, ganggang laut, hingga gurita serta ikan-ikan kecil.

Maka anda akan menyesal jika anda tidak mengunjungi pulau kecil yang begitu indah ini, karena sudah banyak wisatawan asing yang sudah datang dan berlibur di pulau ini.

Advertisements

~ by sidoarjosaiki on May 8, 2017.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: